Ingin Hidupmu Berubah? BACA INI

Yoo guys,
Jadi hari ini ceritanya gue lagi sakit, tp pengen nge-blog sharing tentang pengalaman kehidupan gue. (cihh, macam bermakna kali hidupmu ).
Gue sadar di setiap hidup orang itu pasti ada perubahan. Sadar maupun tidak sadar (nah, gue bagian yg sadar, meski barubaru aja). Perubahan hidup itu penting guys,! Kenapa?
Ya karna penting aja. (yaelah,..)
Yg penting itu proses nya sih kalau menurutku. Karna kalau proses nya tidak bagus hasilnya juga pasti gak bagus dong, ya kan? Ya kan? (iyakan saja)

Semisalnya nih kayak elu buat kue, pasti butuh proses donk. Yaaa kali kue itu langsung “JDUARR” muncul gtu aja. Atau emang bisa kuenya langsung turun dari langit. (Berasa kayak film aja tuh.)
But, hellouuuu, this is a real life, ini tuh kehidupan yg g ada cerita cerita kek gtu, u tuh butuh proses untuk buat tuh kue, nah sebelum u bs memulai proses, ini nih gue bawa lagi agak mundur sikit (kao pikir tukang parkir). Sebelum proses dimulai, elu pada tuh butuh yg namanya “bahan”. Nah, bahan ini menurut kehidupan gue tuh bekal pengalaman gue. Prosesnya itu ibarat waktu. Ga ada hasil yang memuaskan dengan proses yg singkat. Proses yg kelamaan juga ga gue garansi dapet hasil bagus juga. (jadi sebenarnya mau kao apa?)

Gini gue kasih contoh, ambil contoh buat kue aja lah ya, (nmpak congok mbak yg satu ini)
Bahan uda oke, plop plop campur sana campur sini, trus diproses di panggangan. Ceritanya nih gue pengen cepat cepat karna uda ngidem banget makan tuh kue. gue set lah waktunya 30 menit. (padahal waktu yg diperlukan itu 1jm). Alhasil, kue yg jadi sih tetap kue, tapi bantet. Rasanya juga pasti g bisa dimakan. Bukannya menghapus rasa ngidem, menciptakan rasa pengen lagakan ini kepala ke dinding yg ada.
Jadi dari contoh diatas elu bisa simpulkan kan? Oke, simpulkan lah. (nyari aman, jd g usah simpulkan lagi, hehe)










(abis digebuk)


Jadi gini guys, sesuatu hasil yang bagus itu tidak datang dr proses yg singkat. (tapi yg disana bisa cepat sukses dan berhasil). Wait, bagi sebagian orang, ehm bukan sebagian. 1/1000 orang mungkin bisa. Tapi seberapa yakin sih elu itu 1 orang dari 1000 orang yg ada? Jangan membanding-bandingkan dirimu guys dengan orang lain. Setiap orang berbeda begitu pula proses kehidupannya. Bahkan anak kembar satu rahim pun pasti ada perbedaannya. Bahan yg bagus tanpa proses yg matang tidak akan mendatangkan hasil yg memuaskan. Ibarat elu uda punya bahan banyak banget buat elu olah jadi baju, tapi di prosesnya elu jahit sembarangan, elu gunting g pake ukur lagi, ini dan itu, bisa bisa hasilnya malah lubang kepalanya tak ada. Gawat kan kalo kek gtu. Percuma donk cepat tapi g bisa dipake. Coba kalau elu teliti, dan ngolah bahan itu sungguhsungguh kagak ngasal, meski waktunya ga secepat yg tadi, tp hasilnya pasti beda kan. Iya gakk? (oke gue ngaku benar)
Nah, kita ambil contoh buat yg prosesnya lama.
Masih tetap kue guys, bahan oke, campur sini dan situ. Ala kadar berak. Gue set nih waktunya 1 1/2 jam. Nunggu mpe ngences se-ember. Sampai lah waktunya. Gue mah uda g bisa berkata-kata. Kue yg dihasilkan pasti gosong, kalau g gosong yah keras kek batu, (mungkin cocok untuk batu gilingan cabe)

Kesimpulannya disini ialah, (Treng teng trengg)
Seperti yg uda gue jelasin tadi, proses yg lama belum tentu menghasilkan hasil yg memuaskan juga. Ibarat ngikutin lomba lari, elu tuh uda seharusnya sampe finish, tapi elu muter muter. Keliling ke sana dulu belanja, godain anak orang, atau bahkan tertidur dijalan, istilahnya jalan ditempat. Nah, alhasil ketika elu uda nyampe garis finish, uda ga guna lagi. Lombanya ud berakhir 1 jam atau bahkan 3 jam yg lalu. Elu g bakal dapat hasil apa apa. Jangankan juara, tepukan tangan dari penonton pun tak kan terdengar lagi.
Jadi gini ya, gue tekankan kembali. (apanya ditekan mbak)
Pengalaman yg uda elu jalanin semua, jadikan itu bahan buat perubahan hidup elu. Mau yg sedih, senang, gagal, menang, dihujat, dipuji, dihina, dicaci, (pengalaman dihina) dan yang lainnya, itu semua bahan buat elu berubah ketahap selanjutnya. Tahap selanjutnya ini yg ditentukan oleh masingmasing orang. Tahap dimana elu bakal memilih, bahan mana yg paling cocok buat elu pake di prosesmu nanti. Dan semua itu Cuma elu sendiri yg tau. Sedikit gak disarankan buat nanya orang lain yg belum mengenal elu. Apalagi yg baru kenal.
Ketika elu uda fix milih bahannya, elu tinggal proses aja tuh bahan. Dalam proses yg dijalanin, pasti akan banyak rintangan mau pun cobaan yg buat elu mikir “gue nyerah aja, gue ga sanggup”, atau lu bakal mikir “mungkin ini bukan bahan yg cocok buat saya” atau bisa aja “passion saya bukan disini” Sebelum maupun sesudah pikiran itu muncul, elu gak gue saranin stop. 
Gue bilang sekali lagi, jangan sekali kali pun elu berhenti sebelum dapat hasilnya. Usaha tuh gak pernah bohong guys. Elu boleh stop, kalau uda dapat hasil. Kalau memang hasilnya g memuaskan pun, setidaknya elu tau, proses yg salah benarnya itu dimana. Bahan yg pantas elu bawa atau tidaknya itu dimana. Lah, hasil aja blum dapat tapi elu uda pake berhenti aja sukasuka. Beda keadaannya, Ketika proses yg elu jalanin uda menemukan titik terang atau lancer , 
<ibarat kyk kue tadi yg u tengok di panggangan uda mulai ngembang, elu uda bisa ancang ancang buat keluarkan dari panggangan>,

maka dari itu juga, mulailah perhatikan setiap peluang, atau kesempatan atau yg biasa keren disebut “chance”. (itu bukan keren mbak, itu inggrisnya). Disini elu uda harus dipaksa, (jgn paksa saya mbakk), (ergh..diamm!) elu bakal dipaksa buat ngambil tuh chance, dan jadikan peluang itu sebagai hasil dari prosesmu. Jadi intinya, kalo elu mau hasil, elu harus brani ngambil berbagai peluang. Banyak yg prosesnya lama karena apa? (apa hayo..)
Karena, ketakutan akan pengambilan keputusan.
“saya rasa sekarang bukan saatnya”
“mungkin lain kali”
“ tidak hari ini”
“biarkan yang lain mencoba dulu”
“saya bisa menunggu peluang lain”
Jika ada salah satu dari kalimat diatas maupun sejenisnya muncul dibenak elu, Hapus semua perkataan itu , dan ubahlah menjadi
“sekaranglah saatnya”
“kesempatan ini tidak akan datang dua kali”
“hari ini lah aku akan mendapatkan hasilku”
“saya harus jadi yg pertama !”
…… dan sebagainya
Memberanikan diri pada hal yg baru itu mmg tidak mudah bagi semua orang. Tapi, cobalah berpikir, dia bisa. Kenapa saya tidak? Apa yg kurang dari saya? Berikan acuan itu kepada diri sendiri untuk menjadikan elu pade jadi pribadi yg lebih baik lagi dan lebih baik lagi. Jadikan dirimu orang PERTAMA yg menjadi panutan orang lain, bukan berada dibelakang dan tidak tau akan berjalan kearah mana. Tidak ada orang hebat yg tidak mengalami proses sulit sebelumnya.
Akhir kata, sadari perubahan dirimu sedari dini, pergunakan waktumu sebaik mungkin guys. Tidak ada kata terlambat utk berubah menjadi pribadi yg lebih baik.
Shallommm …

Penulis,
Tina Lim

Nb: Menerima berbagai kritik, hujat, caci maki, saran dan sebagainya guys. Comment below ;)

No comments:

Post a Comment

Recent Post

    Random Post

    Memuat...